Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Mind Mapping untuk siswa kelas VI SD Negeri 01 Maek Kabupaten Lima Puluh Kota yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian Pengembangan). Modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Mind Mapping ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI semester ganjil Tahun Ajaran 2019 / 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 95,52 yang termasuk ke dalam kategori sangat valid. Rancangan modul yang telah divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas VI SDN 01 Maek untuk mengetahui praktikalitas. Hasil dari uji nilai praktikalitas dari guru sebesar 89,7 yang termasuk ke dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan pada siswa kelas VI SD dengan rata-rata persentase kepraktisan 89,7 yang termasuk kategori praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Mind Mapping