Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Make a Match pada materi Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis Make a Match ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V SDN 38 Seberang Tarok untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan.Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasisMake a Match pada materi 7 Peristiwa dalam kehidupan untuk siswa kelas V SDN 38 Seberang Tarok ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 93,4%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata – rata persentase kepraktisan 92,76%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata – rata persentase kepraktisan 92,6. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Make a Match. Kata Kunci : Modul, Make a Match, IPS.