Pengaruh Model Pemebelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Taram, Kecamatan Harau
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Taram, Kecamatan Harau. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing tehadap hasil belajr IPS siswa kelas IV di SDN 02 Taram, Kecamatan Harau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV sebanyak 38 orang. Pengumpulan sampel adalah menggunakan Random Sampling. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian kelas yang menerapkan model Role Playing memiliki rata-rata kelas Eksperimen 81,67 dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional memliki rata-rata tes akhir kelas Kontrol 72,5 dan hasil uji hipotesis yang diperoleh sebesar 7,55 > 2,032 yang berarti diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Taram, Kecamatan Harau dengan menggunakan Model Role Playing. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Role Playing.