Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 34 Koto Rawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 34 Koto Rawang pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas IVA sebanyak 21 orang siswa dan siswa kelas IVB sebanyak 21 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara random sampling. Instrumen penelitian adalah tes, uji coba soal dilaksanakan di SDN 45 Ganting dengan jumlah 40 soal dan 20 soal yang valid. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 72,9 dan kelas kontrol nilai rata-rata 63,80). Secara uji statistik hargathitung> t(0,05;62)(2,21>2,02) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 34 Koto Rawang. Dengan demikian model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar PKn