PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 BUNGO TANJUNG
Daftar Isi:
- Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD N 03 Bungo Tanjung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan Random Sampling. Penerapan kelas eksperimen IV A, sedangkan kelas kontrol adalah IV B. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian kelas eksperimen yang menerapkan model Two Stay Two Stray memiliki rata-rata tes akhir 80,63 dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah memliki rata-rata tes akhir 74,25 dan hasil uji hipotesis yang diperoleh sebesar 4,92 > 2,018 yang berarti diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan menggunakan model Two Stay Two Stay. Kata Kunci : Penelitian Eksperimen, Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.