ANALISIS HUBUNGAN SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X MIA DI SMA NEGERI 2 LUBUK ALUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar biologi Kelas X MIA di SMA Negeri 2 Lubuk Alung dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang siswa. Variabel penelitian adalah sikap siswa terhadap proses pembelajaran dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan hubungan yang positif antara kemauan siswa dalam mempelajari semua materi yang diberikan guru dengan hasil belajar biologi, kemauan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran biologi yang diajarkan guru, kemauan siswa dalam meningkatkan pemahaman materi yang diberikan guru, kemauan siswa mengerjakan perintah atau nasehat guru, kesenangan siswa dalam proses pembelajaran, ketertiban siswa berdiskusi/ berinterkasi dengan teman dan guru, kemampuan bertanggungjawab setiap sikap/perilaku saat proses pembelajaran, kemauan siswa dalam mengerjakan tugas berkelompok, dan ketertiban saat proses pembelajaran biologi dengan hasil belajar biologi. Secara umum hasil hubungan sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar menunjukan perhitungann korelasi sebesar r = 0,583 yang berarti bahwa hubungan antara sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa adalah bersifat positif dengan korelasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar biologi. Kata Kunci: Hubungan, Sikap , Pembelajaran, Hasil Belajar