Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (STAD) terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV di SDN 05 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester I di SDN 05 Surau Gadang yang terdiri dari dua kelas, Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, penerapan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara Rendom maka di tetapkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas IVA sebagai kelas control sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa jumlah skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,62, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66,25. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 4,036 dan ttabel= 2,06 atau dengan kata lain thitung ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division mampu mempengaruhi hasil belajar siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division dengan materi proses terjadinya bunyi dari indra pendengaran dapat mempengaruhi hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 05 Surau Gadang. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division, hasil belajar siswa.