PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 37 PAGAMBIRAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Word Square terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 37 Pagambiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPS adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 37 Pagambiran yang berjumlah 61 siswa. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan didapatkan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 87,9 dan siswa kelas kontrol 80,3. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,303 dan nilai ttabel sebesar 2,007 pada taraf nyata signifikan ∝ = 0,05%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Kata Kunci: word square, IPS, hasil belajar.