Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Planted Question terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 16 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 16 Surau Gadang tahun pelajaran 2018/2019, sampel pada penelitian ini yaitu kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIA sebagai kelas control yang cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian adalah tes yang berbentuk pilihan ganda dan telah diuji melalui validitas, daya pembeda, indeks kesukaran dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 87,5 dan siswa kelas kontrol sebesar 77,83 dengan = 3,369 dan =2,002. Karena > maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Planted Question berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 16 Surau Gadang Padang. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pembelajaran Planted Question, Hasil Belajar