Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia kelasV SD Negeri 20 Kalumbuk yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini menggunakan 3-D models. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validitas dari ahli (dosen) dan uji praktikalitas dari guru dan siswa SD Negeri 20 Kalumbuk Padang. Rancangan modul yang telah di desain, divalidasi oleh dua dosen ahli kemudian diuji cobakan di kelas V SD Negeri 20 Kalumbuk Padang untuk mengetahui praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia kelasV SD Negeri 20 Kalumbuk Padang berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,55. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata – rata 100%, juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata – rata 88%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelasV SD. Kata Kunci : Modul IPA konstruktivisme, Valid, Praktis