Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 49 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas V-B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar PKn ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes akhir kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (rata-rata nilai kelas eksperimen 82,4, rata-rata nilai kelas kontrol 72,04) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel ( 3,29 > 2,013). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci: Circuit Learning, Pembelajaran PKn, Hasil Belajar.