Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang valid dan praktis pada pembelajaran matematika dengan berbasis penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Pertama, tahap pendefenisisan (define), yaitu tahap yang bertujuan untuk mendefenisiskan kebutuhan pembelajaran. Kedua, tahap perancangan (design), yaitu perancangan perangkat pembelajaran. Ketiga, tahap pengembangan (develop), yaitu yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah lembar validitas dan angket. Uji validitas berdasarkan angket validator 1 sebagai ahli materi dan angket validator 2 sebagai ahli desain. Uji praktikalitas berdasarkan angket praktikalitas guru dan siswa. Penelitian model ini sebelum digunakan oleh penguji terlebih dahulu di validasi oleh pakar dan ahli. Berdasarkan pengembangan data uji coba modul yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas III SD Negeri 20 kalumbuk yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 3,64%. (2) Modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas III SD Negeri 20 kalumbuk yang telah dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,91% oleh guru dan 89,93% oleh siswa. Hasil analisis validitas, dan praktikalitas menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kalumbuk sangat valid, dan sangat praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa sebagai bahan ajar di kelas III SD. Kata kunci: Modul, Pembelajaran Matematika, Penemuan Terbimbing.