PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 13 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 13 Pasar Kambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Pasar Kambang pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas dua kelas yaitu siswa kelas VA sebanyak 17 orang dan siswa kelas VB sebanyak 18 orang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 70,00, kelas kontrol dengan rata-rata 60,28. Secara uji statistik harga thitung < ttabel (α 0,05), 1,46< 2,03452 dengan demikian H1 ditolak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dari pada hasil belajar yang menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, IPS.