Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Matematika dengan model Picture and picture pada materi Geometri dan pengukuran untuk siswa kelas III SD Negeri 20 Kalumbuk Padangyang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Istarani (2012) tentang model Picture and picture, pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian Pengembangan). Modul pembelajaran Matematikaberbasis model Picture and picture ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III semester genap. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi dan angket praktikalitas uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain dan divalidasi oleh dua orang pakar yang termasuk ke dalam kategori sangat valid Berdasarkan hasil validitas oleh kedua orang ahli diperoleh nilai materi sebesar 4,00 dan tampilan 3,54. Untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis model Picture and picture pada materi Geometri dan pengukuran untuk praktikalitas siswa kelas III SD ini berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase 85,55%dan uji nilai praktikalitas dari guru sebesar 93,75% yang termasuk kedalam kategorisangat praktis.Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru. Kata kunci :Modul Picture and picture Geometri dan pengukuran.