PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 34 AIR PACAH PADANG
Daftar Isi:
- Tujuan penilitian untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 34 Air Pacah Padang pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teori Huda (2013) tentang model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Susanto (2012) tentang hasil belajar,dan Taringan (2008) tentang membaca. Jenis penilitian yang digunakan adalah penilitian eksperimen dengan desain penilitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas II SDN 34 Air Pacah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian dan tes akhir dengan jumlah soal sebanyak 20 butir soal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menggunakan CIRC sebesar 80,25 dan siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah sebesar 68,25 dengan taraf statistik (α=0,05) diperoleh thitung = 2,001 dan ttabel = 1.683 dimana thiung > ttabel maka hipotesis kerja H1 diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut model CIRC dapat mempengaruhi proses pembelajaran, karena model CIRC mempunyai langkah-langkah yang mudah membuat siswa mampu bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model CIRC mampu mempengaruhi hasil belajar siswa secara optimal. Kata-kata Kunci: Integrated Reading And Composition (CIRC),Hasil Belajar, Bahasa Indonesia