Daftar Isi:
  • ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Jalan Raya Padang – Solok STA 13+800 – STA 23+800) Dian Ulfah, Hendri Warman, Eko Prayitno Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta Padang E-mail : Dianulfah42@gmail.com, Warman_hendri@yahoo.com, ekoprayitno@bunghatta.ac.id Abstrak Jalan Raya Padang – Solok merupakan jalur lalu lintas provinsi Sumatera Barat yang banyak dilalui oleh kendaraan bermotor maupun kendaraan yang bersumbu empat atau lebih. Pada jalan raya Padang - Solok terjadi kerusakan di beberapa titik pada ruas jalan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa membahayakan bagi pengguna jalan, membuat kemacetan yang dapat memperlambat waktu tempuh pengguna jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan jalan, mengetahui nilai kondisi perkerasan jalan serta mengetahui jenis program pemeliharaan jalan. Berdasarkan hasil penelitian jenis kerusakan jalan yang terjadi tambalan kecil (patching small) 19,9%, tambalan besar (patching large) 4,91, retak lurus (linier cracking) 18,57%, pelepasan (popouts) 1,61%, Keausan akibat lepasnya agregat di sudut (spalling corner) 7,71%, keausan atau lepasnya agregat sambungan (spalling joint) 5,13%, retak sudut (corner crack) 16,68%, penurunan bahu jalan (shoulder drop off) 0,33%, patahan (faulting) 5,13% dan remuk (punchout) 22,35%. Nilai Pavament Condition Index (PCI) dari semua segmen jalan Padang-Solok Sta 13+800 – Sta 23+800 adalah 84 dengan kategori sangat baik (very good). Program pemeliharaan Jalan Raya Padang Solok Sta 13+800 – Sta 23+800 adalah pemeliharaan rutin, dimana pemeliharaan rutin diperlukan pembersihan jalan dari rontokan batuan atau tanah, penambalan permukaan, penutupan retakan. Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Perkerasan Kaku, Pavement Condition Index (PCI)