PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 03 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya dengan siswa Kelas IV.A sebagai kelas Ekperimen dan siswa kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Data yang yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang di dapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar kelas eksperimen yaitu 79,16 dan untuk kelas kontrol yaitu 62,05. Melalui uji-t dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,62 dan ttabel 1,72 ini artinya, thitung>ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya yang menerapkan model Student Teams Achievment Division (STAD) lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran konvesional. Untuk ini disarankan pada guru dapat menerapkan model Student Teams Achievment Division (STAD) dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Student Teams Achievment Division (STAD), Hasil Belajar Matematika.