ctrlnum 310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/310/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BUKIT KACIAK KABUPATEN PESISIR SELATAN</title><creator>Akhsanul, Iksan</creator><creator>Wirnita, Eska</creator><creator>Hidayati, Azkiya</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan konstruktivisme, dan pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research &amp; Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Bukit Kaciak pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 13 Bukit Kaciak untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN Bukit Kaciak, kemudian modul divalidasi oleh para ahli sehingga dapat diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru serta efektivitas modul. Validasi dari dua orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa 88% dengan kategori valid, dan aspek tampilan sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas siswa diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 99% dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas guru mendapatkan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya efektivitas modul diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 100% termasuk pada kategori efektif. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. &#xD; &#xD; Kata kunci: bahasa Indonesia, modul, konstruktivisme, validitas, praktikalitas dan efektivitas.</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/1/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/2/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/3/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/4/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/5/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/6/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/7/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/310/8/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Akhsanul, Iksan and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BUKIT KACIAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>310</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Akhsanul, Iksan
Wirnita, Eska
Hidayati, Azkiya
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BUKIT KACIAK KABUPATEN PESISIR SELATAN
publishDate 2020
isbn 2015100134111
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/310/1/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/2/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/3/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/4/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/5/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/6/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/7/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/8/41%20AKHSANUL%20IKHSAN%201510013411132%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/310/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan konstruktivisme, dan pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Bukit Kaciak pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 13 Bukit Kaciak untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN Bukit Kaciak, kemudian modul divalidasi oleh para ahli sehingga dapat diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru serta efektivitas modul. Validasi dari dua orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa 88% dengan kategori valid, dan aspek tampilan sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas siswa diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 99% dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas guru mendapatkan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya efektivitas modul diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 100% termasuk pada kategori efektif. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci: bahasa Indonesia, modul, konstruktivisme, validitas, praktikalitas dan efektivitas.
id IOS14200.310
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-07-23T08:05:05Z
last_indexed 2020-07-23T08:05:05Z
recordtype dc
_version_ 1686871787816615936
score 17.538404