PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPS SISWA DI KELAS VI SDN 13 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil pembelajaran IPS siswa di kelas VI SDN 13 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 13 Pasar Kambang pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas yaitu siswa kelas VI.A sebanyak 25 orang dan siswa kelas VI.B sebanyak 26 orang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 80,2), kelas kontrol (rata-rata 70,77). Secara uji statistik harga thitung>ttabel yaitu (2,091>2,011) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil pembelajaran IPS siswa di kelas VI SDN 13 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan demikian model pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Course Review Horay, Hasil Belajar, IPS