PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN 34 AIA PACAH PADANG
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Quick on The Draw terhadap hasil belajar siswa tema Ekosistem kelas V SDN 34 Aia Pacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 34 Aia Pacah yang berjumlah 49 siswa. Sampel dipilih dengan cara total sampling yang dilakukan secara random dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 86,68 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol 81,63. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan t_hitung ˃ t_tabel dengan nilai t_hitung 5,29 dan t_tabel 2,0137 α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quick on The Draw terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen pada tema Ekosistem. Kata kunci: Quick on The Draw, Ekosistem, Hasil Belajar