Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada pembelajaran matematika kelas V SDN 34 Air pacah. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas V.A dan V.B dengan Kelas V.A sebagai kelas ekperimen kelas V.B sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar kelas ekperimen yaitu 85,71 dan untuk kelas kontrol 75,85. Dengan uji-t α = 0,95 diperoleh thitung = 3,99 dan ttabel = 1,70 ini artinya, thitung>ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan belajar matematika kelas V SDN 34 Air pacah yang menerapkan model koopetratif tipe Team Assisted Individualization lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran konvesional. Untuk ini disarankan pada guru dapat menerapkan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, pembelajaran matematika.