Pemerolehan Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 4.0 Tahun (Studi Kasus Muhammad Viski Junanda Pratama
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak pada usia 4.0 tahun (Studi Kasus Muhammad Viski Junanda Pratama) sebuah kajiandalam bidang sintaksis. Teori yang digunakan sebagai penunjang data yang dikemukakan oleh Hasan Alwi dkk (2003) kalimat dalam bentuk sintaksis dibagi atas : (1) kalimat deklaratif, (2) kalimat imperatif, (3) kalimat interogatif, (4) kalimat ekslamatif. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data :(1) menyalin ulang data rekaman yang ditetapkan, (2) mengelompokkan data yang telah dikumpulkan sesuai situasi, (3) menguraikan bentuk kalimat yang didapat berdasarkan bentuk sintaksisnya, (4) membuat kesimpulan analisis, (5) membahas hasil analisis data dari sisi keilmuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Viski mempunyai kelebihan dalam berbicara dibandingkan dengan anak seusianya. (2) anak ini mempunyai kosa-kata lebih banyak ketika berbicara menggunakan Bahasa Indonesia, (3) pemerolehan bahasa yang dimiliki Viski khususnya perkembangan sintaksis sangat tergantung pada pola berbahasa sehari-hari yang digunakan dalam lingkungan keluarganya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahasa anak usia 4.0 tahun telah mengujarkan kalimat dengan baik .