PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN RAYA DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) RUAS JALAN SIMPANG PADANG ARO – BATAS JAMBI KABUPATEN SOLOK SELATAN (STA 186+000–STA 191+050
Daftar Isi:
- PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN RAYA DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) RUAS JALAN SIMPANG PADANG ARO – BATAS JAMBI KABUPATEN SOLOK SELATAN (STA 186+000–STA 191+050) Rahmat Syukriadi, Embun Sari Ayu, Mufti Warman Hasan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Padang Email : rahmatsyukriadiaries@gmail.com, embun_sariayu@ymail.com, muftiwarmanhasan@gmail.com Abstrak Kabupaten Solok Selatan merupakan daerah yang menghubungkan provinsi Sumatera Barat dengan provinsi Jambi, oleh karena itu pembangunan prasarana dibidang transportasi merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan mengingat jalan ini merupakan jalan nasional yang dilalui banyak kendaraan. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan perhitungan perencanaan jalan raya di ruas Simpang Padang Aro – Batas Jambi Kabupaten Solok Selatan. Tinjauan geometrik berupa perencanaan ulang alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal dengan menggunakan metoda Bina Marga Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK). Perencanaan tebal perkerasan lentur dan pelebaran jalan menggunakan Metoda Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017. Perencanaan kapasitas jalan menggunakan Metoda PKJI 2014. Perencanaan saluran drainase menggunakan Modul Tata Cara Perencanaan Drainase Jalan Raya 2014. Pada alinyemen horizontal terdapat 60 tikungan, 57 tikungan Full Circle, 3 tikungan Spiral Circle Spiral. Pada lengkung vertical terdapat 58 lengkung, 33 lengkung cembung dan 25 lengkung cekung. Perencanaan tebal perkerasan dibagi atas 3 segmen dengan tebal AC-WC 40mm, AC-BC 60mm, AC-base 80mm, LPA A 300mm, dan perbaikan tanah dasar 200mm. Diperoleh tebal overlay 55mm yang terbagi menjadi 2 segmen. Untuk kapasitas jalan diperoleh hasil 0.76 dengan LOS berada pada kelas C. Dengan debit rencana 2.985 m3/detik, direncanakan penampang saluran berbentuk persegi dengan kapasitas drainase 2.999 m3/detik. Kata kunci : Geometrik Jalan, Perkerasan Jalan, Pelebaran Jalan, Kapasitas Jalan, Drainase