PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING DI SMA NEGERI 2 BAYANG
ctrlnum |
236 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/236/</relation><title>PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI
MODEL PROBLEM BASSED LEARNING
DI SMA NEGERI 2 BAYANG</title><creator>AHMAD, FAUZI</creator><creator>Yusrizal, Yusrizal</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan
menggunakan model Problem Bassed Learning. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dengan menggunakan model Problem Bassed Learning di SMA Negeri 2
Bayang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada
semester 2 tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 2 Bayang. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X MIA 1 yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini ialah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan
lapangan dan tes hasil akhir siklus berupa soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal.
Aktivitas siswa dalam bertanya pada siklus I adalah 48,5% meningkat menjadi 76,5% pada
siklus II, Aktivitas dalam menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 32,3% meningkat
menjadi 72% pada siklus II, Aktivitas dalam menanggapi pertanyaan pada siklus I adalah
29,3% meningkat menjadi 67,6% pada siklus II dan hasil belajar siswa yang tuntas pada
siklus I adalah 26 orang (76,4%) menjadi 31 orang (91,1%) pada siklus II. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan
model Problem Bassed Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas X MIA 1
SMA Negeri 2 Bayang.
Kata kunci : peningkatan, aktivitas, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, model
Problem Bassed Learning.</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/1/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/2/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/3/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/4/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/5/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/6/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/7/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/236/8/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> AHMAD, FAUZI and Yusrizal, Yusrizal and Pebriyenni, Pebriyenni (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING DI SMA NEGERI 2 BAYANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>236</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AHMAD, FAUZI Yusrizal, Yusrizal Pebriyenni, Pebriyenni |
title |
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI
MODEL PROBLEM BASSED LEARNING
DI SMA NEGERI 2 BAYANG |
publishDate |
2020 |
isbn |
2813100133110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/236/1/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20ABSTRAK.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/2/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20COVER.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/3/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/4/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/5/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/6/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/7/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/8/1%20AHMAD%20FAUZI%20%281310013311001%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/236/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan
menggunakan model Problem Bassed Learning. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dengan menggunakan model Problem Bassed Learning di SMA Negeri 2
Bayang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada
semester 2 tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 2 Bayang. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X MIA 1 yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini ialah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan
lapangan dan tes hasil akhir siklus berupa soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal.
Aktivitas siswa dalam bertanya pada siklus I adalah 48,5% meningkat menjadi 76,5% pada
siklus II, Aktivitas dalam menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 32,3% meningkat
menjadi 72% pada siklus II, Aktivitas dalam menanggapi pertanyaan pada siklus I adalah
29,3% meningkat menjadi 67,6% pada siklus II dan hasil belajar siswa yang tuntas pada
siklus I adalah 26 orang (76,4%) menjadi 31 orang (91,1%) pada siklus II. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan
model Problem Bassed Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas X MIA 1
SMA Negeri 2 Bayang.
Kata kunci : peningkatan, aktivitas, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, model
Problem Bassed Learning. |
id |
IOS14200.236 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-07-23T08:05:02Z |
last_indexed |
2020-07-23T08:05:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871787231510528 |
score |
17.538404 |