Daftar Isi:
  • PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN SIMPANG BASO – BATAS BATUSANGKAR (PILADANG) STA 114+700 S/D STA 119+700 Boby Oktrian, Hendri Warman, Mufti Warman Hasan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaaan, Universitas Bung Hatta E-mail : bobyoktrian84@gmail.com, warman_hendri@yahoo.com, muftiwarmanhasan@gmail.com Abstrak Dalam penyelenggaraan jalan, khususnya pada ruas jalan Simpang Baso – Batas Batusangkar (Piladang), dimana sepanjang ruas jalan ini mengalami peningkatan volume lalu lintas sehingga mengalami kerusakan dibeberapa lokasi yang menyebabkan terganggunya aktivitas bagi pengguna jalan. Maka diperlukan perbaikan dan peningkatan pada ruas jalan tersebut sesuai dengan ketentuan. Perencanaan geometrik terhadap jalan ini menggunakan metode Bina Marga dalam Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota 1997, tebal perkerasan lentur menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017, Overlay menggunakan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur PT T-01-2002-B, dan drainase dengan acuan Modul Perancangan Drainase Jalan 2013. Dari hasil perencanaan geometrik didapat lebar jalan ideal 7 m dan bahu jalan 1,5 m, sehingga terdapat 76 tikungan dimana 61 tikungan full circle, 11 tikungan spiral circle spiral, dan 4 tikungan spiral spiral. Untuk tebal perkerasan didapatkan dengan tebal lapisan AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 75 mm, CTB 150 mm, dan Agregat Kelas A 150 mm. Untuk overlay didapat dengan tebal lapisan 7,2 cm. Dalam perencanaan drainase diperoleh penampang saluran berbentuk trapesium dengan kedalaman saluran 0,6 m, lebar bawah saluran 0,5 m, lebar atas saluran 1,5 m, dengan kemiringan saluran 1:1.