Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran matematika berbasis macromedia flash pada materi bilangan cacah untuk siswa kelas I SD N 03 Alai yang memenuhi kriteria sangat valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah model 4 – D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap develop karena keterbatasn waktu yang dibutuhkan. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi dan praktikalitas (angket respon guru). Media pembelajaran interaktif matematika divalidasi oleh 2 orang dosen, sedangkan penilaian praktikalitas diperoleh dari 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media interaktif pembelajaran matematika berbasis macromedia flash untuk siswa kelas I SD memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,1% dan kriteria praktis dengan persentase penilaian 87,5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran matematika berbasis macromedia flash memenuhi kriteria sangat valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika di kelas I sekolah dasar. Kata kunci : Media Pembelajaran, Bilangan cacah, Macromedia Flash