Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS masih tampak rendah, terlihat pada saat pembelajaran masih rendahnya aktivitas belajar siswa, seperti masih sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mengajukan pertanyaan , mengemukakan pendapat, membuat rangkuman, dan hasil bejar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran IPS melalui Model Bamboo Dancing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara partisipan, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Saibi Samukop Mentawai yang berjumlah 17 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa yang diperoleh ratarata persentase pada siklus I untuk ketiga indikator aktivitas yang diamati adalah 56,8%. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh 90,2%. Selanjutnya hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase pada siklus I adalah 47,6%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar siswa adalah 82,2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model Bamboo Dancing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil, Pembelajaran, Bamboo Dancing.