Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific diperoleh hasil yaitu 89,75 dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 18 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 93,75% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPS sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Scientific, IPS