PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGAWASAN DAN KONSULTASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris KPP Pratama Padang Satu)
Daftar Isi:
- PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGAWASAN DAN KONSULTASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris KPP Pratama Padang Satu) Demetrio1, Yunilma2, Nurhuda. N3 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bung Hatta Email: demetrio1553@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, pengawasan dan konsultasi terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Pada tahun 2015-2018, terjadi penurunan tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Padang Satu. Penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling Desain. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi ditemukan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan variabel pengawasan dan konsultasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Secara simultan variabel kualitas pelayanan, pengawasan, konsultasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.