PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019)
Daftar Isi:
- PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019) Oleh : Luthfi Adryan1, Dandes Rifa2, Nurhuda. N2 1Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Dosen Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta E-Mail : Luthfiadryan20@gmail.com dandesrifaziohr@gmail.com nurhuda_n@bunghatta.ac.id Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate sosial responsibbility (CSR) terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan (perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015-2019). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur di BEI yang berjumlah 77 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Jumlah data yang diteliti sebanyak 190 data penelitian. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif (memperlemah). Besarnya pengaruh dari variabel independen dengan efek moderasi terhadap variabel dependen sebesar 18%, sisanya sebesar 82% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model penelitian. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan