PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR
ctrlnum |
2232 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS
METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR</title><creator>Muni, Rosa Irene Manik</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><creator>M., Tamrin</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran IPS berbasis
metode inkuiri untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kepraktisan dan
kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap
define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV
Sekolah Dasar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validasi modul terdiri dari
1 validator materi, 1 validator desain, dan 1 validator bahasa. Berdasarkan hasil
penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai
100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 88%
dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 93% dengan
kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran
IPS berbasis metode inkuiri diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat valid.
Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, dari hasil
praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 81,3% dengan kriteria praktis, dan dari
hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 89,5 % dengan kriteria sangat praktisDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS
berbasis metode inkuiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan
sebagai salah satu alternatif bahan ajar, sehingga siswa mampu belajar dengan
baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.
Kata kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Metode Inkuiri.</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/1/49.%20MUNI%201610013411099%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/2/49.%20MUNI%201610013411099%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/3/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/4/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/5/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/6/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/7/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/8/49.%20MUNI%201610013411099%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Muni, Rosa Irene Manik and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2232</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muni, Rosa Irene Manik Pebriyenni, Pebriyenni M., Tamrin |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS
METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/1/49.%20MUNI%201610013411099%20COVER.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/2/49.%20MUNI%201610013411099%20ABSTRAK.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/3/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/4/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/5/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/6/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/7/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/8/49.%20MUNI%201610013411099%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2232/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran IPS berbasis
metode inkuiri untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kepraktisan dan
kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap
define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV
Sekolah Dasar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validasi modul terdiri dari
1 validator materi, 1 validator desain, dan 1 validator bahasa. Berdasarkan hasil
penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai
100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 88%
dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 93% dengan
kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran
IPS berbasis metode inkuiri diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat valid.
Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, dari hasil
praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 81,3% dengan kriteria praktis, dan dari
hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 89,5 % dengan kriteria sangat praktisDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS
berbasis metode inkuiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan
sebagai salah satu alternatif bahan ajar, sehingga siswa mampu belajar dengan
baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.
Kata kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Metode Inkuiri. |
id |
IOS14200.2232 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871801298157568 |
score |
17.538404 |