ctrlnum 2232
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS&#xD; METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR</title><creator>Muni, Rosa Irene Manik</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><creator>M., Tamrin</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran IPS berbasis&#xD; metode inkuiri untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kepraktisan dan&#xD; kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and&#xD; Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap&#xD; define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV&#xD; Sekolah Dasar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validasi modul terdiri dari&#xD; 1 validator materi, 1 validator desain, dan 1 validator bahasa. Berdasarkan hasil&#xD; penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai&#xD; 100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 88%&#xD; dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 93% dengan&#xD; kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran&#xD; IPS berbasis metode inkuiri diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat valid.&#xD; Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, dari hasil&#xD; praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 81,3% dengan kriteria praktis, dan dari&#xD; hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 89,5 % dengan kriteria sangat praktisDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS&#xD; berbasis metode inkuiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan&#xD; sebagai salah satu alternatif bahan ajar, sehingga siswa mampu belajar dengan&#xD; baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.&#xD; Kata kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Metode Inkuiri.</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/1/49.%20MUNI%201610013411099%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/2/49.%20MUNI%201610013411099%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/3/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/4/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/5/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/6/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/7/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2232/8/49.%20MUNI%201610013411099%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Muni, Rosa Irene Manik and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2232</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muni, Rosa Irene Manik
Pebriyenni, Pebriyenni
M., Tamrin
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2232/1/49.%20MUNI%201610013411099%20COVER.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/2/49.%20MUNI%201610013411099%20ABSTRAK.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/3/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/4/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/5/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/6/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/7/49.%20MUNI%201610013411099%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/8/49.%20MUNI%201610013411099%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2232/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kepraktisan dan kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validasi modul terdiri dari 1 validator materi, 1 validator desain, dan 1 validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 88% dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 93% dengan kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 81,3% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 89,5 % dengan kriteria sangat praktisDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar, sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Metode Inkuiri.
id IOS14200.2232
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
recordtype dc
_version_ 1686871801298157568
score 17.538404