PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis Saintifik untuk kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3-D terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1orang ahli materi memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid, 1 orang ahli desain memperoleh nilai 95% dengan kategori sangat valid, dan 1 orang ahli bahasa memperoleh nilai 89% dengan kategori valid. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran IPS berbasis Saintifikdiujicobakan oleh 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Saintifik untuk siswa kelas IV SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91,55% dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 95,24%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Saintifikpada tema 4 (Berbagai Pekerjaan) subtema 1 (Jenis-jenis Pekerjaan) kelas IV SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Berbasis Saintifik