Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual di kelas IV SD Negeri 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun karena bencana Nasional (Covid-19) maka sesuai dengan surat edaran nomor 3494/UM1/KP/VI-2020 penelitian ini hanya dilakukan dengan 3 tahapan saja yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian berupa lembar validasi. Modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual divalidasi oleh 2 orang dosen/ahli yang terdiri dari 1 ahli bahasa/materi dan 1 ahli design. Hasil pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual di kelas IV memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 97,14% dari aspek materi/bahasa dan 88,33% dari aspek design dengan kriteria valid sehingga diperoleh persentase rata-rata sebesar 92.74% dengan kriteria sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar sebagai bahan ajar untuk belajar secara mandiri di rumah maupun di sekolah. Kata kunci: modul pembelajaran bahasa Indonesia, kontekstual