PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SDN 01 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD Pembelajaran Contextual Teaching and Learning melibatkan peserta didik secara menyeluruh agar mampu menemukan materi yang dipelajari dan mengaitkan dengan kehidupan mereka sehari-hari (Rohmah 2017:24). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Menurut Trianto (2009:189) pengembangan dengan pendekatan ini terdiri atas 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan desseminate. Dalam penelitian ini hanya sampai pada pengembangan 3-D yaitu define, design, dan develop. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh orang ahli materi, orang ahli desain dan orang ahli bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid pada ahli materi dengan persentase 98,4%, memenuhi kriteria valid pada ahli bahasa dengan persentase 85,4%, dan memenuhi kriteria sangat valid pada ahli desain dengan persentase 97,9. Jadi, disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD sudah sangat valid dengan persentase 93,9% sehingga dapat digunakan sebagai salah beberapa sumber dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: Modul, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Contextual Teaching and Learning