ctrlnum 2219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS&#xD; P ENDEKAT AN P ROBL E M BAS E D L EA RNI NG ( PB L) &#xD; UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG&#xD; KECAMATAN NANGGALO PADANG</title><creator>Novina, Almaisa</creator><creator>Gusmaweti, Gusmaweti</creator><creator>Syafni, Gustina Sari</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis&#xD; pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV di SD Negeri 08&#xD; Surau Gadang yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan&#xD; (Research and Development) yaitu terdiri dari tahap define, design and&#xD; development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran&#xD; 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang&#xD; dosen validator bahasa dan 1 orang dosen validator desain. Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA&#xD; memperoleh penilaian 3,90, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00 dan&#xD; dari aspek desain memperoleh penilaian 3,54. Dengan demikian rata-rata skor&#xD; penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan PBL secara keseluruhan&#xD; yaitu 3,81 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan&#xD; bahwa modul pembelajaran IPA berbasis PBL yang dihasilkan sangat valid dapat&#xD; digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam&#xD; pembelajaran IPA dikelas IV SD. &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning, IPA</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/1/45.%20NOVINA%201610013411119%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/2/45.%20NOVINA%201610013411119%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/3/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/4/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/5/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/6/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/7/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2219/8/45.%20NOVINA%201610013411119%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Novina, Almaisa and Gusmaweti, Gusmaweti and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL E M BAS E D L EA RNI NG ( PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2219</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Novina, Almaisa
Gusmaweti, Gusmaweti
Syafni, Gustina Sari
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL E M BAS E D L EA RNI NG ( PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG
publishDate 2020
isbn 2016100134111
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2219/1/45.%20NOVINA%201610013411119%20COVER.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/2/45.%20NOVINA%201610013411119%20ABSTRAK.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/3/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/4/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/5/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/6/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/7/45.%20NOVINA%201610013411119%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/8/45.%20NOVINA%201610013411119%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2219/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV di SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) yaitu terdiri dari tahap define, design and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa dan 1 orang dosen validator desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,90, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00 dan dari aspek desain memperoleh penilaian 3,54. Dengan demikian rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan PBL secara keseluruhan yaitu 3,81 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis PBL yang dihasilkan sangat valid dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning, IPA
id IOS14200.2219
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
recordtype dc
_version_ 1686871801271943168
score 17.538404