ctrlnum 2217
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 &#xD; PAGAMBIRAN PADANG</title><creator>Nanda, Friska</creator><creator>Wirnita, Wirnita</creator><creator>Hidayati, Azkiya</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata&#xD; pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2&#xD; pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat&#xD; Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013)&#xD; tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research &amp; Development&#xD; yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri&#xD; dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan&#xD; di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.&#xD; Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16&#xD; Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan&#xD; validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk&#xD; mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena&#xD; adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan uji-coba modul ke&#xD; peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia&#xD; berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh&#xD; hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi&#xD; sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5%&#xD; dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul&#xD; pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara&#xD; keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini&#xD; dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam&#xD; pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD. &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesia</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/1/43.%20NANDA%201610013411056%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/2/43.%20NANDA%201610013411056%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/3/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/4/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/5/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/6/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/7/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/8/43.%20NANDA%201610013411056%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nanda, Friska and Wirnita, Wirnita and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2217</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nanda, Friska
Wirnita, Wirnita
Hidayati, Azkiya
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2217/1/43.%20NANDA%201610013411056%20COVER.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/2/43.%20NANDA%201610013411056%20ABSTRAK.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/3/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/4/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/5/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/6/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/7/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/8/43.%20NANDA%201610013411056%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2 pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013) tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16 Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan uji-coba modul ke peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5% dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesia
id IOS14200.2217
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
recordtype dc
_version_ 1686871801262505984
score 17.538404