PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG
ctrlnum |
2217 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 
PAGAMBIRAN PADANG</title><creator>Nanda, Friska</creator><creator>Wirnita, Wirnita</creator><creator>Hidayati, Azkiya</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2
pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat
Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013)
tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development
yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri
dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan
di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16
Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan
validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk
mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena
adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan uji-coba modul ke
peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia
berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh
hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi
sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5%
dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul
pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara
keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD. 


Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesia</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/1/43.%20NANDA%201610013411056%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/2/43.%20NANDA%201610013411056%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/3/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/4/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/5/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/6/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/7/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2217/8/43.%20NANDA%201610013411056%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nanda, Friska and Wirnita, Wirnita and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2217</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nanda, Friska Wirnita, Wirnita Hidayati, Azkiya |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16
PAGAMBIRAN PADANG |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2217/1/43.%20NANDA%201610013411056%20COVER.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/2/43.%20NANDA%201610013411056%20ABSTRAK.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/3/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/4/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/5/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/6/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/7/43.%20NANDA%201610013411056%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/8/43.%20NANDA%201610013411056%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2217/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2
pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat
Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013)
tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development
yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri
dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan
di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16
Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan
validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk
mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena
adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan uji-coba modul ke
peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia
berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh
hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi
sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5%
dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul
pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara
keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD.
Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesia |
id |
IOS14200.2217 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871801262505984 |
score |
17.538404 |