Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Instrumen penelitian meliputi lembar validasi (ahli tampilan, ahli materi dan ahli bahasa). Media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 di validasi oleh 3 orang dosen ahli media tampilan, ahli materi dan ahli bahasa Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi pengembangan media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 oleh dosen ahli memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 96,66%, kriteria valid dengan persentase 88,33% oleh ahli media dan kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83,5% oleh ahli bahasa. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash 8 memenuhi kriteria valid dengan presentase 89,49% dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Kata kunci : pengembangan, media interaktif pembelajaran IPA, menggunakan macromedia flash 8.