Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis SainsTeknologi Masyarakat (STM) pada pembelajaran IPS untuk kelas IV SD yangmemenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah modelpengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Penelitian ini dilakukan padasemester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi keragaman sosial, budaya,etnis, ekonomi, dan agama di Sumatera Barat. Instrumen penelitian meliputi lembarvaliditas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada prosesvalidasi, modul pembelajaran divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasadan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran diujicobakan oleh 1 orang guru dan 8 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada pembelajaran IPSuntuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 85%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 93,5%. Jadi,dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Sains Teknologi Masyarakatpada pembelajaran IPS untuk kelas IV SD valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : Modul, IPS, STM