Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai hasil belajar IPS siswa kelas V masih dibawah KKM yaitu 70 dan minat belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dengan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Negeri 55 Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel 41 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (kuat) antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan nilai pearson correlation sebesar 0,763. Hasil uji t diperoleh t = 7,372 > t tabel =  = 0,05= 2.01954. Koefisien determinasi sebesar 58,22% yang artinya besarnya kontribusi minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 55 Air Pacah adalah sebesar 58,22%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada siswa agar meningkatkan minatnya dalam belajar IPS dengan cara meningkatkan perasaan senang dalam belajar IPS, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPS. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar IPS