Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Matematika interaktif pada materi keliling dan luas daerah bangun datar untuk siswa kelas IV di SD N 13 Surau Gadang, yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi mejadi 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru). Media pembelajaran Matematika interaktif di validasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Matematika interaktif pada siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata penilaian sebesar 3,6 oleh ahli materi, kriteria sangat valid dengan perolehan ratarata 3,6 oleh ahli media dan kriteria praktis dengan persentase penilaian sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Matematika interaktif memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Matematika di kelas IV sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, Interaktif