Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasissaintifik dan karakter pada kelas V SD yang memenuhi kriteria yang valid danpraktis. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah modelpengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Kemudiandimodifikasi menjadi 3-D pendefinisian, perancangan dan pengembangan.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumenpenelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dansiswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 5 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD dihasilkanModul yang memenuhi kriteria Sangat Valid dengan persentase penilaian sebesar 93,75%, memenuhi kriteria Sangat Praktis dengan persentase 91,65%. Jadi,dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD sudah valid dan praktis sehinggan dapat digunakan dalampembelajaran IPS di kelas V SD. Kata kunci: Modul IPS, Saintifik, Karakter