PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV Di SD N 24 PARUPUK TABING PADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn Siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV, kelas IVA berjumlah 21 siswa dan kelas IVB berjumlah 26 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think pair share memiliki rata-rata tes akhir 81 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata tes akhir 78. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 0,8025 > ttabel = -2,0159 dengan taraf nyata 0,05. Berarti H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing Padang. Kata Kunci : think pair share, hasil belajar, PKn