Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 19 Talang Tan Saidi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD 19 Talang Tan Saidi yang berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari10 orang siswa kelas IVA dan 10 orang siswa kelas IVB. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas IVA sebagai kelas control dan IVB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan ratarata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (dimana nilai kelas eksperimen rata-rata 85,5 dan kelas kontrol sebesar 59,1) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan t hitung < t (-60,0 > 2,56) yang artinya hipotesisi ditolak. Kata Kunci : TGT, Hasil Belajar, IPS