PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJARAN PKn SISWA KELAS V PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SDN 24 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN 24 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttes Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 22 orang dan Siswa kelas V.B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random, kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B sebagai kelas kontrol yang telah berdistribusi normal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis perbedaan rata-rata yaitu rumus t-tes. Kriteria pengujian terima H 0 jika t , dengan dk=n1+n2-2 selain itu H 0 hitung ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86.36 dan kelas kontrol 79.42. Analisis data hasil belajar siswa dengan taraf kepercayaan 0.05 diperoleh t = 2.4871 dan t tabel = 1.6799. dengan demikian H 0 ditolak H 1 < t hitung diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN 24 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Padang.