Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku untuk siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre untuk siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas 3,6. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan persentase ratarata kepraktisan 96,75%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata kepraktisan 91%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Modul IPA, Pendekatan Genre, Validitas, Praktikalitas