Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Learning Cycle 5E untuk kelas IV di SD Negeri 34 Air Pacah yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, development and disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development dikarnakan keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi dan 1 orang dosen validator tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,84 dan dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,44. Dilihat ratarata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis Learning Cycle 5E yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,64 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis CTL yang dihasilkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Learning Cycle 5E, IPA