Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berorientasi Project Based Learning (PjBL) di kelas V SDN 06 Kampung Lapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodofikasi yaitu define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data diperoleh dengan angket validasi yang dinilai oleh dosen ahli materi, ahli tampilan dan ahli bahasa. Nilai validasi pada materi yaitu 3,92 kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,22 kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00 kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor modul pembelajaran IPA berorientasi PjBL yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,71 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 28 siswa. Dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil dengan persentase 91% kategori sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas yang dilakukan siswa memperoleh hasil dengan persentase 94% kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berorientasi PjBL yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan saat pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas V SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Project based Learning, IPA