Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV MIN 1 Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “pretest-posttest control group design”. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV MIN 1 Bungo tahun pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 33 orang dan kelas IVB sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir kelas eksperimen yaitu 82,8, sedangkan kelas kontrol yaitu 77,6. Hasil analisis pada taraf nyata α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai t hitung = 1,69 dan t tabel = 1,67 sehingga didapatkan t hitung > t tabel berarti H 1 diterima dan H 0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model Explicit Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar IPA tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV MIN 1 Bungo. Kata Kunci : Penelitian Ekperimen, Model Explicit Instruction, Hasil Belajar IPA.