ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN
ctrlnum |
2111 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/</relation><title>ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT
OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN</title><creator>Doddy, Satria Wijaya</creator><creator>Eva, Rita</creator><creator>Zahrul, Umar</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi
Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Ruas jalan ini banyak dilalui kendaraan dengan
muatan berlebih (overloading) yang mengakibatkan kerusakan dini pada jalan sehingga
terjadi penurunan umur rencana. Maka untuk mengetahui daya rusak kendaraan overloading
terhadap jalan dan pengurangan umur rencana jalan dilakukan penelitian dengan metode
AASHTO 1993 dan setelah itu akan direncanakan tebal perkerasan lentur dengan metode
Bina Marga 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data tersebut
berupa data survei kerusakan jalan, data interview, data perencanaan jalan, data LHR, dan
data rekapitulasi penimbangan kendaraan yang diambil di UPPKB Lubuk Selasih. Hasil
penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a sampai golongan 7c dengan
perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 424,9389 % hingga 2418,1299
%, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 25,423 % atau 13 tahun lebih
cepat dari umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan lentur didapatkan
tebal rencana AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 80 mm, LPA kelas A 300 mm, dan
peningkatan tanah dasar setebal 300 mm hingga 600 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan
tebal perkerasan tersebut akan direalisasikan jika kondisi lapisan fondasi berbutir mengalami
kerusakan dan jika umur rencana jalan berakhir pada tahun 2036. Maka perlu pengawasan
yang ketat terhadap semua jenis kendaraan yang melewati Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian
dan perlu segera dilakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak agar tidak
membahayakan pengguna jalan tersebut.
Kata kunci : Overloading, Kerusakan Dini, Vehicle Damage Factor (VDF), Masa Layan,
Tebal Perkerasan, Pengawasan, dan Penanganan.</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/1/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/2/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/4/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/5/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/6/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/7/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/8/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/9/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Doddy, Satria Wijaya and Eva, Rita and Zahrul, Umar (2020) ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>2111</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Doddy, Satria Wijaya Eva, Rita Zahrul, Umar |
title |
ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT
OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100152110 |
topic |
TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/1/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/2/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/4/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/5/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/6/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/7/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/8/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/9/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2111/ |
contents |
Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi
Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Ruas jalan ini banyak dilalui kendaraan dengan
muatan berlebih (overloading) yang mengakibatkan kerusakan dini pada jalan sehingga
terjadi penurunan umur rencana. Maka untuk mengetahui daya rusak kendaraan overloading
terhadap jalan dan pengurangan umur rencana jalan dilakukan penelitian dengan metode
AASHTO 1993 dan setelah itu akan direncanakan tebal perkerasan lentur dengan metode
Bina Marga 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data tersebut
berupa data survei kerusakan jalan, data interview, data perencanaan jalan, data LHR, dan
data rekapitulasi penimbangan kendaraan yang diambil di UPPKB Lubuk Selasih. Hasil
penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a sampai golongan 7c dengan
perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 424,9389 % hingga 2418,1299
%, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 25,423 % atau 13 tahun lebih
cepat dari umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan lentur didapatkan
tebal rencana AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 80 mm, LPA kelas A 300 mm, dan
peningkatan tanah dasar setebal 300 mm hingga 600 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan
tebal perkerasan tersebut akan direalisasikan jika kondisi lapisan fondasi berbutir mengalami
kerusakan dan jika umur rencana jalan berakhir pada tahun 2036. Maka perlu pengawasan
yang ketat terhadap semua jenis kendaraan yang melewati Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian
dan perlu segera dilakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak agar tidak
membahayakan pengguna jalan tersebut.
Kata kunci : Overloading, Kerusakan Dini, Vehicle Damage Factor (VDF), Masa Layan,
Tebal Perkerasan, Pengawasan, dan Penanganan. |
id |
IOS14200.2111 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871800473976832 |
score |
17.538404 |