ctrlnum 2111
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/</relation><title>ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT&#xD; OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN</title><creator>Doddy, Satria Wijaya</creator><creator>Eva, Rita</creator><creator>Zahrul, Umar</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Ruas Jalan Lubuk Selasih &#x2013; Surian merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi&#xD; Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Ruas jalan ini banyak dilalui kendaraan dengan&#xD; muatan berlebih (overloading) yang mengakibatkan kerusakan dini pada jalan sehingga&#xD; terjadi penurunan umur rencana. Maka untuk mengetahui daya rusak kendaraan overloading&#xD; terhadap jalan dan pengurangan umur rencana jalan dilakukan penelitian dengan metode&#xD; AASHTO 1993 dan setelah itu akan direncanakan tebal perkerasan lentur dengan metode&#xD; Bina Marga 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data tersebut&#xD; berupa data survei kerusakan jalan, data interview, data perencanaan jalan, data LHR, dan&#xD; data rekapitulasi penimbangan kendaraan yang diambil di UPPKB Lubuk Selasih. Hasil&#xD; penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a sampai golongan 7c dengan&#xD; perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 424,9389 % hingga 2418,1299&#xD; %, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 25,423 % atau 13 tahun lebih&#xD; cepat dari umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan lentur didapatkan&#xD; tebal rencana AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 80 mm, LPA kelas A 300 mm, dan&#xD; peningkatan tanah dasar setebal 300 mm hingga 600 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan&#xD; tebal perkerasan tersebut akan direalisasikan jika kondisi lapisan fondasi berbutir mengalami&#xD; kerusakan dan jika umur rencana jalan berakhir pada tahun 2036. Maka perlu pengawasan&#xD; yang ketat terhadap semua jenis kendaraan yang melewati Ruas Jalan Lubuk Selasih &#x2013; Surian&#xD; dan perlu segera dilakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak agar tidak&#xD; membahayakan pengguna jalan tersebut.&#xD; Kata kunci : Overloading, Kerusakan Dini, Vehicle Damage Factor (VDF), Masa Layan,&#xD; Tebal Perkerasan, Pengawasan, dan Penanganan.</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/1/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/2/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/4/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/5/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/6/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/7/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/8/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2111/9/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Doddy, Satria Wijaya and Eva, Rita and Zahrul, Umar (2020) ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>2111</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Doddy, Satria Wijaya
Eva, Rita
Zahrul, Umar
title ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN
publishDate 2020
isbn 2015100152110
topic TA Engineering (General). Civil engineering (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2111/1/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/2/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/4/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/5/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/6/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/7/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/8/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/9/96%20Doddy%20Satria%20Wijaya%201510015211077%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2111/
contents Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Ruas jalan ini banyak dilalui kendaraan dengan muatan berlebih (overloading) yang mengakibatkan kerusakan dini pada jalan sehingga terjadi penurunan umur rencana. Maka untuk mengetahui daya rusak kendaraan overloading terhadap jalan dan pengurangan umur rencana jalan dilakukan penelitian dengan metode AASHTO 1993 dan setelah itu akan direncanakan tebal perkerasan lentur dengan metode Bina Marga 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data tersebut berupa data survei kerusakan jalan, data interview, data perencanaan jalan, data LHR, dan data rekapitulasi penimbangan kendaraan yang diambil di UPPKB Lubuk Selasih. Hasil penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a sampai golongan 7c dengan perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 424,9389 % hingga 2418,1299 %, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 25,423 % atau 13 tahun lebih cepat dari umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan lentur didapatkan tebal rencana AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 80 mm, LPA kelas A 300 mm, dan peningkatan tanah dasar setebal 300 mm hingga 600 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan tebal perkerasan tersebut akan direalisasikan jika kondisi lapisan fondasi berbutir mengalami kerusakan dan jika umur rencana jalan berakhir pada tahun 2036. Maka perlu pengawasan yang ketat terhadap semua jenis kendaraan yang melewati Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian dan perlu segera dilakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak agar tidak membahayakan pengguna jalan tersebut. Kata kunci : Overloading, Kerusakan Dini, Vehicle Damage Factor (VDF), Masa Layan, Tebal Perkerasan, Pengawasan, dan Penanganan.
id IOS14200.2111
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:02Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:02Z
recordtype dc
_version_ 1686871800473976832
score 17.538404