PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 ALAI PADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan macromedia flash 8 pada kelas IV SD Negeri 3 Alai, Padang yang memenuhi kriteria valid. Teori yang dipakai adalah teori mengenai pembelajaran Bahasa Indonesia, teori media pembelajaran, dan teori Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 3-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) and, develop (pengembangan). Penelitian ini hanya sampai tahap develop sebab keterbatasan waktu dan tidak ada pertemuan dengan siswa akibat wabah Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi puisi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi. Pada proses validasi, media divalidasi oleh satu orang ahli materi diperoleh hasil sebesar 96,15% kategori sangat valid, satu orang ahli media sebesar 95% kategori sangat valid, dan satu orang ahli bahasa sebesar 80% kategori valid. Berdasarkan hasil validitas maka didapatkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dengan persentase penilaian sebesar 90,38 % memenuhi kriteria sangat valid. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV berbasis macromedia flash 8 sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran bahasa indonesia, macromedia flash 8